15 Juni 2010

Car Free Day Senyatanya Sangat Bermanfaat

Aep Alamsyah
PKD - Setiap minggu kegiatan ‘car free day’ di sepanjang dago Kota Bandung terus digulirkan. Kegitan tersebut berawal dari keinginan untuk menurunkan tingkat polusi yang menurut penilaian beberapa ahli bahwa tingkat polusi diperkotaan sudah melebihi ambang batas yang menkhawatirkan.

Dari laporan BPLHD Kota Bandung bahwa kegiatan car free day telah sukses menurunkan tingat polusi udara secara signifikan, sehingga kegiatan car free day perlu secara kontynu dilaksanakan bahkan ada keinginan pelaksanaanya diperluas kerus-ruas jalan kota lainnya.

Namun demikian kesuksesan kegiatan car free day dalam rangka menurunkan tingkat polusi udara belum bisa memberikan rekomendasi untuk kegiatan yang diperluas, karena perlu suatu kajian yang komprehensif terhadap berbagai aspek lainnya seperti ekonomi maupun social.

Namun apapun itu, menurunnya tingkat polusi udara sebagaimana tujuan awal sudah tercapai sehingga kegitan car free day secara ceremonial perlu ditingkatkan menjadi sebuah budaya, artinya diperlukan kesadaran warga dalam mengurangi polusi udara dengan menyedikitkan berkegiatan menggunakan kendaran bermotor.

Besarnya andil kendaraan bermotor terhadap tingkat polusi udara di Indonesia juga dilaporkan oleh Word Bank bahwa sejak tahun 1995 hingga tahun 2001, selama kurun waktu tersebut pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai hampir 100%.

Dampak dari pertumbuhan kendaraan tersebut telah menghasilkan emisi gas buang yang cukup mengkhawatirkan, hal tersebut bisa dikategorikan akibat para pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan yang baik juga akibat penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan, yaitu penggunaan bahan bakar dengan kadar timbale/Pb yang terbilang tinggi.

World Bank mencatat, Jakarta adalah salah satu kota dengan kadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.

Tahun 1994 World Bank menghitung dengan mengambil contoh kasus kota Jakarta, dalam catatan World Bank jika konsentrasi partikulat (PM) dapat diturunkan menurut standar WHO, maka diperkirakan akan terjadi penurunan tiap tahunnya: 1400 kasus kematian bayi prematur; 2000 kasus rawat di RS, 49.000 kunjungan ke gawat darurat; 600.000 serangan asma; 124.000 kasus bronchitis pada anak; 31 juta gejala penyakit saluran pernapasan.

Kemudian adanya peningkatan efisiensi terhadap 7.6 juta hari kerja yang hilang akibat penyakit saluran pernapasan – suatu jumlah yang sangat signifikan dari sudut pandang kesehatan masyarakat, dari sisi ekonomi pembiayaan kesehatan (health cost) akibat polusi udara di Jakarta diperkirakan mencapai hampir 220 juta dolar pada tahun 1999. (dari berbagai sumber) ADMIN

0 komentar:

Posting Komentar

Kang Dada SHOW

Pernyataan Kang Dada


"PKD - Saya tidak akan segan-segan memberhentikan para pejabat/lurah yang mengelola bawaku pangan, bila terbukti menyalahgunakan"

PKD - "Lakukan Gerakan Revolusioner P4LH bersama warga kota, Tiada hari tanpa menanam pohon, tiada hari tanpa buat sumur resapan, tiada hari tanpa lepas burung"

PKD - "Apapun yang saat ini menurut dewan masih belum baik, maka akan kami perbaiki. Namun semua juga akan dilakukan dengan bertahap. Jadi tidak bisa dilakukan sekaligus," Walikota - Tribun Jabar Online)

PKD - "Pemkot punya 7 program prioritas, ketujuhnya sangat penting untuk masyarakat sehingga memiliki prioritas yang sama. Perbaikan jalan untuk kepentingan umum memiliki priotas sama dengan pendidikan dan kesehatan serta ekonomi," Walikota - Tribun Jabar Online)

PKD - WALI KOTA BANDUNG DADA ROSADA MINTA AGAR PARA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)AKTIF MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PARA PENSIUNAN. TRIBUN

"ANGGARAN UNTUK PEMBEBASAN LAHAN SUDAH ADA. RTH HANYA NAMANYA, NANTI SEBAGIAN BISA KITA GUNAKAN UNTUK LAHAN PLTSA, YANG LAIN NANTI UNTUK RTH," TRIBUN

Kegiatan Pemkot

"PKD - Kepala BPLHD Dandan Riza Wardhana "Saat kegiatan Car Free Day, pencemaran udara di Jalan Dago menurun secara signifikan," detikbandung PKD - KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA FERDI LIGASWARA : “MENJELANG DIRGAHAYU KE-200 KOTA BANDUNG, PEMKOT BANDUNG LAKUKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) YANG ADA DI SEPUTARAN ALUN-ALUN KOTA BANDUNG KE BASEMENT ALUN-ALUN” PKD - "KALAU SEKARANG MENDAPATKAN PENGHARAGAAN BEST EFFORT KAMI TENTU MENSYUKURI ITU, TAPI KAMI TIDAK PUAS DENGAN HASIL INI. PENILAIAN HARI INI HARUS MENJADI EVALUASI BESAR-BESARAN BAGI PEMKOT BANDUNG," NANANG SUGIRI WAKIL KETUA KOMISI C DPRD KOTA BANDUNG (Tribun Jabar) PKD - TERKAIT KEBERADAAN FACTORY OULET (FO) BARU DI JALAN IR H DJUANDA NO 92,94, DAN 122 KEPALA BPPT REKOTOMO MENGATAKAN "SESUAI KEBIJAKAN PAK WALI KOTA TIDAK BOLEH MENGELUARKAN IZIN USAHA FO, MAKANYA TAK MUNGKIN BPPT MENGELUARKAN IZIN USAHA," PKD - KEPALA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) REKOTOMO "SAYA TIDAK TAHU BERAPA MINIMARKET YANG TAK BERIZIN TAPI SAYA AKHIR APRIL LALU TELAH MENYERAHKAN DAFTAR MINIMARKET YANG MEMILI IZIN KE SATPOL PP UNTUK DITINDAKLANJUTI, " (TRIBUN) PKD - DINAS KEUANGAN DAN PENGELOLA ASET DAERAH (DKPAD) KOTA BANDUNG MENAKSIR PENDAPATAN DARI SEWA ASET MILIK PEMKOT BANDUNG PADA 2010 MENCAPAI RP 11,3 MILIAR. PENDAPATAN DARI SEWA ASET DI KOTA BANDUNG MASIH RELATIF KECIL. TAHUN SEBELUMNYA, PENDAPATAN DARI SEWA ASET HANYA MENCAPAI RP 8,5 MILIAR. (PR). PKD- KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG, OJI MAHROJI : PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN 2010/2011 MASIH MEMBERLAKUKAN SISTEM KLUSTER. TRIBUN

berbenah menuju jabar

bagaimana pembangunan kota Bandung ; era Kang Dada?

fakta integritas

fakta integritas
BANDUNG ZERO CORRUPTION MOVEMENT