06 Oktober 2009

BANDUNG, LAIN DULU LAIN SEKARANG

21.37 by kangdada ·
Label: ,

PKD - Banyak orang selalu mengingat Kota Bandung karena kesejukan udaranya dan keramah-tamahan masyarakatnya.Karena itu pula Kota Bandung relative sangat disukai oleh para pendatang, apalagi budaya masyarakatnya sangat inklusif dan wellcome terhadap para pendatang dari manapun.

Dulu orang belanda menyebut Kota Bandung dengan sebutan Parijs van Java “Paris dari Jawa katanya. Sebutan ini bukan tanpa makna bila dikaitkan dengan suasana bandung ketika itu, selain kesejukan dan keramahan masyarakatnya juga bandung menyimpan sejuta pesona karena dihiasi oleh pepohonan yang ridang, ruang terbuka hijau dengan taman bunganya, sungai-sungai yang mengalir bersih juga gedung-gedung indah yang berarsitektur bergaya eropa.

Bandung lain dulu lain sekarang, kini udara dan masyarakatnya tak sebaik dahulu, jangan ditanya kondisi pepohonan, taman-tamannya di ruang terbuka hijau, sungai-sungai dan gedung-gedung indahnya, tak jauh berbeda. Meskipun demikian tetap saja Kota Bandung masih menjadi tempat pavorit bagi para pelancong dan pendatang. Kalau dulu orang datang untuk menikmati kesejukan udaranya kini banyak orang yang datang ke Kota Bandung untuk berbelanja, kegiatan kuliner dan berwisata.

Problem utama
Perubahan udara di Kota Bandung memang terkait erat dari kegiatan dan perilaku masyarakatnya satu sisi juga terkait dengan perubahan iklim global pada sisi lain. Menurunnya kualitas lingkungan disinyalir menjadi salah satu penyebab naiknya suhu udara di Kota Bandung

Tidak seimbangnya antara kawasan hunian dan kawasan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota membuat produksi oksigen menipis. Sementara keberadaan pepohonan dari tahun ke tahun semakin berkurang tidak diimbangi dengan penanaman kembali.

Dengan pertambahan penduduk yang semakin meningkat tiap tahunnya, dan semakin terbatasnya lahan hunian yang tersedia membuat problem lingkungan yang dihadapi Kota Bandung semakin berat.

Kini jumlah penduduk Kota Bandung sudah mencapai dua juta jiwa sementara luas wilayahnya adalah 16.767 hektare, itu berarti pemerintah harus bisa menyediakan sarana dan prasarana yang terkait dengan lahan hunian, pusat ekonomi, sosial dan sarana pendidikan yang tak kurang bakal menyita lahan yang sanga luas.

Dalam menjawab harapan public agar Kota Bandung mampu membenahi persoalan lingkungan, hendaknya pemerintah Kota Bandung segera menerapkan pembangunan berkelanjutan secara ketat. Itu artinya penerapan peraturan pemerintah daerah yang terkait dengan lingkungan harus ditegakkan secara konsisten tanpa pandang bulu.

Karena bagaimanapun melemahnya kualitas lingkungan selalu terkait dengan lemahnya penegakan aturan. Kini perangkat peraturan/uu lingkungan tersedia dan teknologi lingkungan sudah dimiliki, saatnya pemerintah menegakkan aturan dan melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

Namun demikian masyarakat Kota Bandung harus menyadari bahwa penegakkan aturan itu harganya mahal karena disamping meminta kesediaan/kerelaan masyarakat untuk berdisiplin dalam menaati aturan juga pasti bagi sipelanggar aturan harus rela ditindak dan dikenakan sangsi.

Itulah kosekwensi yang tak bisa dihindari jika kita mau mengembalikan Kota Bandung seperti dahulu, meskipun terkesan utopis. mengingat factor perubahan lingkungan global juga banyak berperan terhadap perubahan suhu dan iklim dunia dimanapun.

Selamat hari jadi Kota Bandung ke 199, kita berharap Kota Bandung kedepan semakin baik dari sisi kualitas lingkungan.
ADMIN

0 komentar:

Posting Komentar

Kang Dada SHOW

Pernyataan Kang Dada


"PKD - Saya tidak akan segan-segan memberhentikan para pejabat/lurah yang mengelola bawaku pangan, bila terbukti menyalahgunakan"

PKD - "Lakukan Gerakan Revolusioner P4LH bersama warga kota, Tiada hari tanpa menanam pohon, tiada hari tanpa buat sumur resapan, tiada hari tanpa lepas burung"

PKD - "Apapun yang saat ini menurut dewan masih belum baik, maka akan kami perbaiki. Namun semua juga akan dilakukan dengan bertahap. Jadi tidak bisa dilakukan sekaligus," Walikota - Tribun Jabar Online)

PKD - "Pemkot punya 7 program prioritas, ketujuhnya sangat penting untuk masyarakat sehingga memiliki prioritas yang sama. Perbaikan jalan untuk kepentingan umum memiliki priotas sama dengan pendidikan dan kesehatan serta ekonomi," Walikota - Tribun Jabar Online)

PKD - WALI KOTA BANDUNG DADA ROSADA MINTA AGAR PARA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)AKTIF MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PARA PENSIUNAN. TRIBUN

"ANGGARAN UNTUK PEMBEBASAN LAHAN SUDAH ADA. RTH HANYA NAMANYA, NANTI SEBAGIAN BISA KITA GUNAKAN UNTUK LAHAN PLTSA, YANG LAIN NANTI UNTUK RTH," TRIBUN

Kegiatan Pemkot

"PKD - Kepala BPLHD Dandan Riza Wardhana "Saat kegiatan Car Free Day, pencemaran udara di Jalan Dago menurun secara signifikan," detikbandung PKD - KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA FERDI LIGASWARA : “MENJELANG DIRGAHAYU KE-200 KOTA BANDUNG, PEMKOT BANDUNG LAKUKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) YANG ADA DI SEPUTARAN ALUN-ALUN KOTA BANDUNG KE BASEMENT ALUN-ALUN” PKD - "KALAU SEKARANG MENDAPATKAN PENGHARAGAAN BEST EFFORT KAMI TENTU MENSYUKURI ITU, TAPI KAMI TIDAK PUAS DENGAN HASIL INI. PENILAIAN HARI INI HARUS MENJADI EVALUASI BESAR-BESARAN BAGI PEMKOT BANDUNG," NANANG SUGIRI WAKIL KETUA KOMISI C DPRD KOTA BANDUNG (Tribun Jabar) PKD - TERKAIT KEBERADAAN FACTORY OULET (FO) BARU DI JALAN IR H DJUANDA NO 92,94, DAN 122 KEPALA BPPT REKOTOMO MENGATAKAN "SESUAI KEBIJAKAN PAK WALI KOTA TIDAK BOLEH MENGELUARKAN IZIN USAHA FO, MAKANYA TAK MUNGKIN BPPT MENGELUARKAN IZIN USAHA," PKD - KEPALA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) REKOTOMO "SAYA TIDAK TAHU BERAPA MINIMARKET YANG TAK BERIZIN TAPI SAYA AKHIR APRIL LALU TELAH MENYERAHKAN DAFTAR MINIMARKET YANG MEMILI IZIN KE SATPOL PP UNTUK DITINDAKLANJUTI, " (TRIBUN) PKD - DINAS KEUANGAN DAN PENGELOLA ASET DAERAH (DKPAD) KOTA BANDUNG MENAKSIR PENDAPATAN DARI SEWA ASET MILIK PEMKOT BANDUNG PADA 2010 MENCAPAI RP 11,3 MILIAR. PENDAPATAN DARI SEWA ASET DI KOTA BANDUNG MASIH RELATIF KECIL. TAHUN SEBELUMNYA, PENDAPATAN DARI SEWA ASET HANYA MENCAPAI RP 8,5 MILIAR. (PR). PKD- KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG, OJI MAHROJI : PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN 2010/2011 MASIH MEMBERLAKUKAN SISTEM KLUSTER. TRIBUN

berbenah menuju jabar

bagaimana pembangunan kota Bandung ; era Kang Dada?

fakta integritas

fakta integritas
BANDUNG ZERO CORRUPTION MOVEMENT